SOCIAL
MEDIA SEBAGAI MEDIA PROMOSI POTENSI DAERAH
Jaman serba canggih dan ditunjang dengan semakin
modernnya media komunikasi dan informasi serta meluasnya jaringan internet. Kita
semakin dimanjakan dengan berbagai kemudahan-kemudahan yang diberikan, dan sudah
seharusnya dimanfaatkan secara bijaksana. Salah satu cara dengan
memanfaatkannya sebagai sarana untuk media publikasi potensi suatu daerah
Sebagai orang asli Jogja terkadang kita hanya sedikit
mengetahui apa saja sebenarnya potensi yang kita miliki. Banyak jugayang tidak
tahu semua tempat-tempat wisata yang ada, mungkin hanya tahu sedikit dan itupun
tempat-tempat wisata yang bisa dikatakan mainstream. Tempat wisata yang bisa
dibilang kurang pamor itu malah sering sekali dikunjungi oleh turis
mancanegara. Bahkan sudah punya pengunjung yang rutin berkunjung. Mengapa hal
tersebut bisa terjadi? Hal tersebut dikarenakan mereka mendapatkan banyak
informasi melalu internet dalam hal ini social media. Social media memang
sangat efektif untuk menyebarkan informasi karena bersifat global, informal,
santai dan dua arah, sangat efektif untuk memberikan informasi yang tidak
dilirik media mainstream.
Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu kota di
Indonesia yang mempunyai potensi daerah yang menjanjikan. Mulai dari sektor
pendidikan, kebudayaan, pariwisata hingga kuliner. Hal-hal tersebutlah yang
membuat para turis lokal maupun mancanegara berbondong-bondong ingin
mengunjungi kota Jogja ini. Pembangunan pada sektor-sektor tersebut masih terus
dikembangkan supaya nantinya Kota Jogjakarta ini bisa semakin eksis di kancah
nasional maupun internasional.
Yogyakarta dikenal pula sebagai Kota Pendidikan. Mereka
datang dari berbagai wilayah ke Jogja hanya untuk menimba ilmu disini.
Kedatangan para pendatang tersebut juga membawa keuntungan untuk warga asli
Jogja. Mereka memanfaatkan kondisi serta potensi yang ada seperti menyewakan
kamar kos, membuka warung internet, tempat makan, jasa cuci baju dan lain
sebagainya. Selain dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Jogja, para pendatang
juga merasa diuntungkan karena apa yang mereka butuhkan sudah banyak tersedia
selama mereka berada jauh dari tempat tinggal mereka.
Potensi yang ada di Jogja juga datang dari sektor seni
dan kebudayaan. Banyak sekali situs budaya yang ada di Jogja yang menarik
perhatian para turis lokal maupun mancanegara. Contohnya seperti batik Jogja
yang memiliki kekhasan corak tersendiri dan biasanya menjadi favorit bagi para
pelancong untuk dijadikan oleh-oleh atau untuk dikoleksi. Keraton juga
dijadikan situs wajib dikunjungi ketika berkunjung di Jogja. Ada juga kerajinan
perak di Kota Gede, karena keunikan dan cara membuatnya yang masih konvensional
membuat hasil kerajinan perak Kota Gede selalu ada dihati para pelanggannya
yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri. Selain itu
ada juga sentra kerajinan gerabah di Kasongan yang produknya sudah mencapai
pasaran internasional. Semua potensi-potensi tersebut bisa dijadikan senjata
untuk meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat Jogja itu
sendiri.
Bidang pariwisata juga menyumbangkan potensi yang masih
harus dikembangkan. Salah satunya pariwisata yang berbasis keindahan alam yang
sangat banyak tersebar di Jogja. Banyak pantai-pantai karst di daerah Gunung
Kidul yang sangat indah, yang sekarang ini sedang laris dikunjungi para
wisatawan, oleh karena itu perlu dikembangkan segala fasilitas, sarana dan
prasarana supaya semakin menarik para pengunjung.Wisata keindahan alam yang
sedang tren saat ini adalah wisata lava tour Merapi, sehingga bisa dijadikan
obyek wisata andalan baru. Selain itu desa wisata yang ada di Jogja ini juga
sangat berpotensi, banyak wisatawan yang mengunjungi desa wisata ini untuk
belajar langsung kebudayaan masyarakat setempat. Bervariasinya potensi
pariwisata yang ada di Jogja ini bisa dijadikan motivasi bagi pemerintah serta
masyarakat untuk terus melestarikan kebudayaan serta mengembangkan
potensi-potensi yang sudah ada.
Tak lengkap jika ke Jogja tidak mencicipi kuliner
khasnya. Gudeg adalah salah satu menu andalan khas kota Jogja bahkan hingga
dijuluki sebagai Kota Gudeg. Tak hanya Gudeg, banyak sekali kuliner-kuliner yang
ada di Jogja yang sangat berpotensi
untuk dijadikan salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Jogja.
Mulai tumbuh juga rumah makan ataupun restoran yang menyajikan menu khas Jogja
dengan nuansa etnik kental dengan budaya Jogja.
Melalui social media potensi di Jogja seperti keindahan
alam, kuliner dan keunikan lainnya dapat tersebar dengan jangkauan yang lebih
luas. Selain itu jika kita berbagi informasi melalui social media disana kita
juga akan mendapatkan dan memberi komentar serta dapat juga kita saling
bertanya sehingga makin mendapatkan banyak informasi tembahan. potensi
publikasi suatu daerah melalui social media yang menarik minat wisatawan akan
membawa manfaat untuk masyarakat lokal berupa income tambahan seperti penjualan
makanan, penginapan, profesi baru seperti guide, kursus bahasa dan bahkan
memperluas wawasan internasional.
Betapa kuatnya peran social media dalam mempublikasikan
potensi suatu daerah pariwisata maka langkah selanjutnya adalah kita harus
berhati-hati dalam menentukan social media mana yang akan kita gunakan dan
menyusun dengan baik konten apa yang akan kita unggah. Ada banyak fitur-fitur
yang disediakan pada social media, kita bisa mempertimbangkan fitur mana yang
tepat untuk membantu kegiatan promosi kita.
Referensi :
No comments:
Post a Comment