BISNIS LEWAT ONLINE SHOP
Berdasarkan
survey Internet World Stats yang
merupakan sebuah situs internasional yang menampilkan up to
date dunia Penggunaan internet, Statistik Penduduk, Statistik Perjalanan dan
Data Pasar Internet Research,
selama lebih dari 233 negara dan wilayah di
dunia memperlihatkan Indonesia menduduki posisi ke empat se-Asia setelah
China, India dan Jepang. Dari survey pada tanggal 31 Desember 2011 tersebut
dinyatakan bahwa dari sekitar 245juta penduduk di Indonesia, pengguna internet
sebesar 55juta. Kemajuan yang bisa dibilang cukup pesat selama 10 tahun
terakhir. Pada tahun 2000, pengguna internet di Indonesia hanya 2 juta
pengguna, dalam waktu 10 tahun meningkat menjadi 50 juta pengguna di tahun
2011.
Jumlah
pengakses internet sebanyak itu bisa dijadikan alasan utama mengapa sekarang
ini makin banyak tumbuh online shop. Para pebisnis yang peka dengan keadaan
masyarakan Indonesia tidak ingin menyiayiakan peluang yang besar itu. Mereka
berlomba-lomba mengadu untung lewat online shop, baik secara perorangan ataupun
kelompok.
Kepraktisan
berbelanja di online shop juga membuat semakin banyak orang memilih berbelanja
lewat cara ini. Kita bisa berbelanja apapun di online shop, mulai dari baju,
sepatu, alat elektronik, rumah, tanah hingga menjual jasa. Barang yang dijual
pun macam-macam mulai dari barang baru hingga barang bekas dengan kualitas yang
berbeda-beda. Adanya online shop ini
semakin mempermudah para konsumen untuk berbelanja, khususnya bagi para
konsumen yang tidak punya banyak waktu untuk datang langsung ke tempat
penjualnya. Online shop sering dijadikan alternatif bagi orang-orang yang malas
keluar rumah dan terlalu sibuk dengan pekerjaannya untuk membeli barang-barang
kebutuhannya.
Kelebihan
berjualan di online shop dari segi modal
adalah tidak harus mempunyai modal yang besar untuk dapat memiliki sebuah
online shop. Tidak perlu membeli toko/kios serta menyewa gudang yang harus
membayar biaya sewa perbulan, cukup dilakukan melalui situs-situs jejaring
sosial seperti Facebook ataupun Twitter. Jika melalui web seperti blogspot.com hanya
membayar 1 kali biaya pembuatan webnya saja, tidak ada biaya tahunan seperti
sewa domain dan hosting. Selain itu
berjualan lewat online shop tak perlu mempersiapkan stock barang yang
sedemikian banyak seperti pada offline shop sehingga modal yang dibutuhkan bisa
diminimalisasi. Jika kita mampu menjalankan bisnis online shop sendirian, kita
tidak perlu menyewa jasa orang lain untuk membantu kita menghandle bisnis ini, kita
tidak perlu biaya untuk menggaji karyawan. Modal yang penting adalah
kepercayaan dari konsumen dan bagaimana layanan kita terhadap konsumen. Jujur
adalah kunci berbisnis dijalur online shop.
Berjualan
di online shop itu relatif mudah. Kita hanya perlu memperlihatkan foto produk
kita serta memberikan spesifikasi terhadap barang tersebut. Kemudian tinggal
tunggu respon dari customer untuk pemesanan. Namanya juga online shop, jadi
produk kita bisa dilihat 24 jam non-stop oleh siapapun, dimanapun, serta
kapanpun. Untuk pembayaran sendiri juga tidak rumit, bisa melalu transfer bank,
paypal dan lain sebagainya.
Berjualan
tidak lepas dari promosi. Online shop serta produk kita harus terus
dipromosikan. Bisa melalui jeajaring sosial ataupun memasang iklan.
Sering-seringlah memberi komentar pada blog orang lain itu juga salah satu cara
promosi yang efektif. Pandai-pandailah kita dalam melakukan promosi dan
menggunakan peluang yang ada dengan maksimal. Pelayanan kita terhadap calon
pembeli juga harus diperhatikan, harus sabar dan ramah dalam menanggapi setiap
permintaan pembeli. Jangan sampai terbawa emosi jika menemukan pembeli yang
ribet dan banyak maunya, kita harus menyadari bahwa tipe konsumen itu
berbeda-beda. Memberikan penjelasan yang rinci terhadap produk yang kita jual
sehingga nantinya konsumen tidak merasa kecewa ketika barang yang sudah dipesan
sampai ke tangan konsumen.
Kendala yang harus siap dihadapi pebisnis
online shop adalah banyaknya kasus penipuan, sehingga mengakibatkan konsumen
enggan untuk berbelanja lewat online shop dan lebih memilih ke offline shop
karena bisa melihat langsung produk yang ingin dibelinya. Selain itu kita harus
mampu bersaing dengan online shop yang lain, karena semakin banyak muncul
online shop yang biasanya banyak menawarkan produk serupa. Semua kendala dapat
diatasi dengan kerja keras serta pengelolaan si pemilik online shop itu
sendiri. Terus semangat untuk bisa menjadi entrepeneur sejati.
Referensi :
http://indobeta.com/kelebihan-dan-kekurangan-transaksi-jual-beli-di-internet/1465/
diunggah pada tanggal 19 Oktober 2011.
http://obsesijuragan.com/analisa-kelebihan-dan-kekurangan-toko-online-versus-toko-konvensional/
diunggah pada tanggal 24 april 2012.
Timothy,James.2010.Membangun Bisnis
Online.Jakarta:Elex Media Komputindo Archived at http://books.google.co.id/books?id=LWEGmJvZTIUC&printsec=frontcover&dq=bisnis+online&source=bl&ots=Y83_KWuriX&sig=aO3x_pCiOLc-nNYPTTfAede8-OE&hl=en&sa=X&ei=yrWCUN6hForrrQfu6IBQ&ved=0CDgQ6AEwAQ
http://www.internetworldstats.com/asia.htm#id diunduh pada tanggal 20 Oktober 2012 pada pukul 08.44
No comments:
Post a Comment