Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Indonesia.
Keindahan alam yang dimiliki Indonesia sangatlah beragam. Masih sangat banyak
keindahan alam yang ada di Indonesia yang belum terjamah sama sekali dan
dimanfaatkan secara optimal. Keindahan alam yang dimiliki Indonesia tentulah
sangat memberikan banyak manfaat serta keuntungan, sudah seharusnya pemerintah
memperhatikan hal ini dan mulai menggarap objek manakah yang sekiranya
berprospek cerah untuk memajukan pariwisata Indonesia.
Salah
satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia ternyata memperhatikan
peluang-peluang untuk memasarkan produk mereka. Keindahan alam yang dimiliki
Indonesia tersebut dijadikannya bahan untuk membuat iklan yang dikemas dengan
menarik. Mereka memilih beberapa tempat indah di Indonesia untuk dijadikan
objek untuk iklan mereka. Tempat-tempat yang mereka pilih adalah beberapa dari
tempat-tempat indah yang tersebar diseluruh Indonesia.
Iklan Djarum Super My Great Adventure
Indonesia ini merupakan lanjutan dari iklan sebelumnya. Dengan mengusung tag
line “My life, my adventure”. Pada iklan kali ini mereka menceritakan tentang
perjalanan tiga orang pria yang mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan
super indah yang ada di Indonesia. Bahkan ada tempat-tempat yang belum banyak
diketahui oleh khalayak umum. Pada iklan ini memperlihatkan bahwa Indonesia itu
kaya akan keindahan alam, kenapa tidak kita manfaatkan sepenuhnya. Masih banyak
tempat yang perlu dikembangkan. Seperti publikasi melalui media elektronik
lewat iklan seperti ini.
Materi
iklan ini dimulai dari perjalanan tiga pria di Goa Jombang, Jogjakarta. Disana
diperlihatkan serunya rock climbing di goa tersebut. Menariknya di dalam goa
ada seorang pria sedang bermain skateboard juga. Kemudian mereka canoing dan
tiba-tiba mereka sampai di Teluk Meranti, Riau. Mereka juga berselancar di
sungai Kampar, Riau. Melihat keindahan bawah laut di daerah Maratua, Kalimantan
Timur juga tersaji dalam iklan ini. Kemudian mereka melanjutkan perjalanan dan
berkunjung di air terjun Lapupu dan ke padang rumput Laliang di daerah Sumba
Barat. Kemudian mereka juga berselancar di Cimaha, Jawa Barat.
Iklan
ini membuat para penontonnya sadar bahwa Indonesia juga punya tempat-tempat
yang indah. Tidak harus pergi keluar negeri untuk mencari tempat dengan
pemandangan yang luar biasa indah. Pemandangan alam seperti keindahan laut di
Maratua tidak kalah dengan pemandangan laut di luar negeri seperti di Phuket,
Thailand. Kita harus bangga dengan keindahan alam yang bangsa Indonesia miliki
saat ini dan kita harus mengembangkannya supaya dapat berkembang menjadi
destinasi perjalanan turis domestik ataupun mancanegara.
Selain
itu, Indonesia butuh iklan-iklan yang
berbobot. Tidak hanya sekedar iklan saja, namun harus didukung dengan prinsip
edukasi. Iklan memang dituntut untuk
menarik peminat penonton untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan.
Jangan hanya mengumbar janji belaka saat beriklan, haruslah ada bukti nyata
supaya nantinya tidak ada konsumen yang dirugikan.
Terdapat
berbagai macam iklan. Ada iklan komersil ada juga iklan layanan masyarakat. Semuanya
sama-sama mengajak penontonnya untuk setuju dengan apa yang ditawarkan di iklan
dan bertujuan supaya penonton mengikuti apa yang disampaikan. Bukan perkara
mudah untuk menyita dan membuat penonton menantikan iklan yang kita buat. Kreativitas
untuk membuat iklan-iklan yang cerdas
memang sangatlah penting.
Iklan merupakan suatu tulisan atau gambar yang
berisyarat ingin menjual suatu produk barang atau jasa agar orang atau custumer
yang melihat iklan tersebut tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa
tersebut. Untuk itu iklan dibuat semenarik mungkin, sekreatif mungkin agar
orang yang melihat iklan tersebut tertarik untuk mencobanya atau membelinya.
Iklan Djarum
Super ini tergolong iklan dengan biaya yang sangat besar. Itu semua tergantung
kemampuan finansial masing-masing peruasahaan. Sebenarnya tidak ada keharusan
untuk membuat iklan dengan biaya yang banyak. Beriklan di televisi itu
perdetiknya sudah sangat mahal. Cukup dengan iklan yang menarik, cerdas,
kreatif, dan inovatif sudah menjadi senjata ampuh untuk mengiklankan suatu
barang ataupun jasa.
Salah
satu yang harus diperhatikan saat membuat iklan ialah memperhatikan kode etik. Jangan
sampai iklan yang dibuat mengejek iklan produk atau jasa lain, apalagi
mengandung unsur sara. Di Indonesia masih banyak iklan yang sangat jelas sekali
mengejek atau menyindir iklan produk atau jasa lain. Iklan yang dibuat juga
bukan hasil plagiat iklan yang sudah ada, diusahakan untuk tampil menarik dan
inovatif.
Iklan
Djarum Super ini menginspirasi kita untuk
membuka mata dan hati bahwa Indonesia itu sangat kaya dengan keindahan
alam serta budayanya. Pemerintah bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan
besar untuk mempromosikan Indonesia lewat iklan-iklan yang mereka buat. Apalagi
jika produk barang atau jasa yang akan mereka sudah mencapai pasar internasional
seperti rokok Djarum Super ini. Dengan durasi iklan yang lebih lama daripada
iklan-iklan lain, iklan ini termasuk salah satu iklan yang ditunggu-tunggu dan
menarik untuk dilihat.
No comments:
Post a Comment