Pages

Saturday, October 13, 2012

Bridging Course #08


Eksistensi Media Cetak

Kemajuan teknologi dewasa ini sangatlah pesat, khususnya dibidang telekomunikasi dan komputer. Apalagi semakin meluasnya jaringan internet, sehingga internet bukanlah hal asing lagi bagi masyarakat. Semua orang bebas mengakses internet, baik itu masyarakat kalangan menengah kebawah hingga menengah keatas dapat dengan mudah mengakses internet. Selain itu internet juga relatif murah, jangkauannya pun luas dan mudah sehingga dapat diakses dimana saja. Teknologi mutakhir juga membantu masyarakat dalam mengakses internet, seperti banyaknya gadget yang semakin canggih dengan fitur-fitur bawaanya. Bahkan sudah banyak sekali tempat makan seperti restoran hingga angkringan telah menyediakan fasilitas hot-spot atau Wi-fi sehingga semakin memudahkan masyarakat dalam mengakses internet.

Meluasnya internet tentu saja berpengaruh dalam perkembangan media massa. Perkembangan media massa berkembang menjadi sangat pesat karena adanya internet. Sehingga kita semakin dimudahkan untuk mendapatkan informasi. Jika sebelumnya dari radio kemudian muncul surat kabar kemudian televisi dan karena sekarang ini muncul media baru yang bisa disebut media online. Surat kabar berfungsi untuk memberikan informasi secara tertulis sehingga kita harus membaca, jika radio informasi kita dapat dari mendengat siaran yang ada, televisi dengan cara meliahat serta mendengar, dan untuk media online kita dapat melihat, mendengar, membaca, memilih sekalaigus menyimpan informasi yang ada.

Semakin beerkembangnya teknologi membuat kita semakin mudah dalam memndapatkan informasi. Kita tidak perlu lagi membaca secara lengkap untuk mendapatkan suatu informasi, namun seiring perkembangan jaman dengan hanaya melihat dan mendengar saja kita sudah bisa mendapatkan suatu informasi. Sangat praktis memang, namun tanpa kita sadari hal tersebut malah akan membuat budaya membaca semakin memudar. Selain itu terkadang informasi yang diberikan tidak lengkap dan kurang penjelasan karena hanya disajikan secara singkat dan sekilas baca. Berbeda dengan surat kabar, dimana informasi yang ada disampaikan dengan lebih lengkap, jelas, padat serta berkala.

Berbagai kemudahan serta kepraktisan yang ditawarkan media elektronik ataupun media online bisa jadi membuat eksistensi media cetak seperti kebiasasn membaca surat kabar menjadi semakin tergerus. Masyarakat lebih memilih untuk menonton berita lewat televisi , mendengarkan lewat radio, ataupun sekedar membaca membaca singkat dari media online. Hal tersebut terjadi karena tampilan audio visual sangat menarik bagi masyarakat, sehingga lebih memilih nonton televisi daripada membaca surat kabar.

Media cetak sebaiknya melancarkan strategi untuk mendapatkan kembali eksistensinya. Bisa dengan merubah cara penyajian, design, lay out dibuat lebih menarik disertai peningkatan isi atau konten. Bisa juga disertai citizen jurnalism seperti yang ada pada media elektronik televisi dan media online, sehingga masyarakat bisa mendapatkan kesempatan untuk menulis di media cetak dengan mudah. Selain itu dari segi pemasaran juga harus lebih kreatif, seperti kampanye budaya membaca, pelatihan jurnalistik, seminar serta selalu memunculkan produk baru yang inovatif sehingga masyarakat menjadi penasaran dan hasrat untuk membaca surat kabar kembali membara.

Output dari industri media yang terpenting adalah konten berita dan informasi surat kabar. Untuk menjaga eksistensi media cetak, perlu ditingaktkan dalam pemolesan konten, dimana desain dan layout dibuat semenarik mungkin. Berita serta informasinya pun harus fenomenal, aktual, faktual, unik, jarang diberitakan, kreatif, inovatif dan tentu saja harus menarik. Sumua itu juga harus didukung oleh Sumber Daya Manusia yang unggul, profesional, siap serta sigap dalam bekerja. Tekanan yang ada dari media elektronik dan online sebaiknya dijadikan motivasi untuk semakin meningkatkan kualitas industri media cetak untuk semakin memberikan yang terbaik bagi pembacanya, juga untuk terus membudayakan kebiasaan membaca.

Daftar Pustaka :
http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_surat_kabar_Indonesia diunduh pada tanggal 13 Okt. 12 pada pukul 20.37


.

No comments:

Post a Comment