Pages

Saturday, October 6, 2012

Bridging Course #7 Ika Septia (nebeng)

Ika Septia A

25118

Berdagang Lewat Online Shop

Berdagang dapat dimana saja dan menggunakan media apapun. Dulu berdagang biasanya di tempat yang sudah disediakan seperti toko atau ruko dan secara berkeliling.Dalam menjual barang yang diperdagangkan harus memiliki tempat, memperoleh tempat untuk berjuatan pasti membutuhkan biaya, bahkan tidak sedikit pula biaya yang harus dikeluarkan. Apalagi jika tempat yang dipergunakan strategis dan ramai pasti harga tempat untuk berjuatan tersebut akan mahal.

Kini berjualan atau berdagang tidak hanya dengan memiliki toko, ruko dan berkeliling saja, di jaman modern ini bejualan dapat melalui media online. Kita dapat berjualan lewat facebook, twitter, blog, dll. Facebook tidak hanya berfungsi untuk berkomunikasi dengan teman atau kerabat saja tapi biasanya juga dapat untuk berjualan, tidak hanya pada jejaring sosial facebook saja twitter pun kini juga dapat dipergunakan untuk berjualan secara online.

“Online shop adalah situs online penjualan barang. Di situs online shop ini, kita
bisa melakukan transaksi pembelian barang yang tersedia, mulai dari handphone, baju,
kosmetik hingga laptop dan sebagainya. Trend Online Shop di tahun 2012 ini tampaknya
semakin meningkat, mungkin karena lebih praktis dan lebih nyaman. Dalam Online Shop,
kita tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga sia-sia. Karena barang akan dikirim melalui
jasa pengiriman barang setelah kita melakukan pembayaran di online shop atas barang
yang kita pesan tersebut.”(Donitama. Trend Online Shop Tahun 2012. Diunduh dari http:/
/forum.kompas.com/urban-life/62199-trend-online-shop-tahun-2012-a.html pada tanggal 6
Oktober 2012 pukul 14:50 WIB.)

Berjualan lewat onlineshop itu susah-susah gampang, jika kita pintar dalam mempromosikan dan memang barang yang kita jual sepadan dengan harga yang ditawarkan pasti akan laku. Dalam mempromosikan atau mengiklankan produk kita dapat menggunakan berbagai cara seperti menjadi endorse untuk artis, biasanya cara ini yang paling sering digunakan sekarang. Erndorse melalui twitter dengan menawarkan produk terhadap artis-artis yang cukup terkenal lalu mereka akan memilih barang yang mereka suka, setelah itubarang yang artis tersebut pilih akan di berikan secara cuma-cuma dari penjual onlineshop lalu setelah barang tersebut diterima oleh artis, maka para artis itu akan foto dengan barangitu dan menampilkannya di twitter. Itu salah satu cara mudah untuk mempromosikan barangdengan onlineshop.

“Teknisnya, para online shop mengirim foto produk di twitter. Tak lupa mereka
menawarkan endorsement pada sang selebriti. Apabila seleb tersebut merespon, online shop
akan minta alamat mereka melalui Direct Message (DM). Barang pun langsung diterbangkan
ke alamat artis. Begitu barang tiba, sang artis yang umumnya kalangan wanita akan berfoto
dengan produk tersebut. Foto itu mereka pamerkan di twitter seraya memberikan testimoni .


Uniknya, tidak ada perjanjian tertulis dalam kerja sama ini.”(Eva. Endorse Artis, Online Shop
Panen Konsumen. Diunduh dari http://swa.co.id/entrepreneur/endorse-artis-online-shop-panen-
konsumen pada 6 Oktober 2012 pukul 14:20 WIB)

Berjualan di onlineshop memang lebih mudah dan banyak kelebihannya, seperti kita akan lebih hemat terutama terhadap tempat kita berjualan karena onlineshop berarti kita tidak membutuhkan tempat yang tetap untuk hanya dengan memiliki akun jejaring sosial sudah dapat mulai berjualan, memperkenalkan dan memepomosikan produk kepada pelanggan.Selain hanya lewat jejaring sosial kita juga tidak perlu kesusahan untuk mengantarkan barang pada konsumen hanya dengan meminta alamat dari konsumen dan mengirimkan barang dengan jasa pengiriman barang saja. Kita bisa berjualan kapan saja dan dimana saja, hanya perlu koneksi internet kemudian kita bisa langsung mulai untuk berjualan, dimana saja kita berada kita dapat bertansaksi dengan pelanggan serta bisa sambil melakukan bebagai kegiatan tetap dapat menjalankan bisnis online dan melayani pelanggan. Dalam onlineshop ini tidak hanya dapat menjual satu kawasan atau daerah saja tapi jangkauan pemasaran lebih luas bahkan bisa juga seluruh Indonesia atau dunia.

Meskipun memiliki banyak kelebihan akan tetapi onlineshop juga memiliki kekurangan seperti sulitnya mencari pelangan karena sekarang ini sangat banyak pedagang onlineshop yang menjual barang-barang yang hampir seragam jadi kita harus memiliki daya tarik lebih untuk pelanggan. Sebagai penjual kita harus tetap menjaga kualitas karena barang yang kita jual tidak dapat dilihat oleh pelanggan secara langsung hanya dengan melalui foto dan kita juga harus menyediakan fasilitas tukar barang apabila barang yang kita kirimkan kurang sempurna atau tidak pas ukuran.

Terpenting adalah kita mau tekun dan bersungguh dalam menjalankan bisnis online ini dan bersikap seramah mungkin kepada pelanggan karena kita tidak dapat bertemu secara langsung. Apabila pelanggan merasa nyaman dan barang yang mereka dapat memuaskan pasti mereka tidak akan kecewa dan bisa jadi akan menjadi pelanggan tetap atau pun reseller.

2 comments:

  1. makasih banget diah cantik dan baik banget, tanpamu 10rb melayang :D

    ReplyDelete
  2. Oiya ongkos ngepost di blogku 10rb ya, Kas :))

    ReplyDelete