Pages

Saturday, October 6, 2012

bridging course #07



GADGET DAN GAYA HIDUP
            Semakin canggihnya gadget membuat orang-orang enggan untuk berjauhan dari barang-barang canggih tersebut. Fiturnya yang lengkap dan memudahkan setiap urusan menjadikan gadget sebagai barang yang harus dimiliki dewasa ini. Apalagi gadget sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Setiap ada gadget baru, banyak orang yang tak mau ketinggalan untuk memilikinya. Keadaan tersebut menjadikan orang berperilaku konsumtif.
            Para produsen gadget berlomba-lomba menawarkan produk gadget inovasi terbarunya yang semakin canggih. Bisa dilihat pada iklan yang beredar akhir-akhir ini, banyak sekali brand keluaran baru yang mencoba masuk menembus pasar gadget yang sangat ketat bersaing satu sama lain. Konsumen tinggal pilih gadget mana yang cocok untuk kebutuhan dan sesuai budget yang disediakan. Tidak perlu khawatir dengan masalah harga, karena sudah semakin banyak produsen  yang memproduksi gadget dengan inovasi terkini dengan harga terjangkau.
            Kita sudah sering mendengar berbagai macam spekulasi antar perusahaan elektronik besar dalam menarik perhatian pasar. Seperti RIM yang meluncurkan Playbook di pasaran untuk menyaingi iPad, atau Samsung dengan Galaxy Tab dan yang palaing hangat dibicarakan akhir-akhir ini adalah iPhone 5 dari Apple dan si robot hijau Android juga mulai menggeliat merajai pasar gadget dengan berbagai aplikasi gratis yang ditawarkan sehingga semakin banyak dicari konsumen. Jika diminta menilai gadget mana yang paling canggih memang sulit, karena hampir setiap hari selalu saja dilakukan berbagai inovasi-inovasi untuk meningkatkan performance setiap gadget yang diluncurkan. Seperti iPhone yang telah mencapai seri 5 yang mungkin diluncurkan juga seri 6 walau entah kapan. Begitu juga dengan RIM yang katanya nyaris kehilangan popularitasnya, tapi mungkin saja mereka akan membuat inovasi baru yang akan mengembalikan RIM ke puncak kejayaannya.
            Beberapa kalangan menganggap gadget sebagai bagian dari gaya hidup mereka. Banyak juga yang membeli tanpa memperhatikan pemanfaatan fitur gadget tersebut dan sekedar supaya terlihat keren. Khususnya dikalangan remaja yang terjebak dalam posisi seperti ini. Hal seperti ini dikhawatirkan  pengguna gadget hanya akan berfungsi untuk bermain games, Facebook, Twitter dan yang paling berbahaya adalah akses ke situs-situs porno yang akan merusak pola pikir mereka.
            Dalam hal ini dibutuhkan peran orang tua supaya mengawasi dan mendampingi anak-anak mereka, sejauh mana seorang anak saat membeli sebuah Gadget harus di sesuaikan dengan kebutuhan dan fungsinya. Jika perlu orang tua harus mengarahkan dan mengarahkan kepada anak-anak mereka untuk menggunakan fitur dan fasilitas yang ada di Gadget untuk kebutuhan yang bermanfaat.
            Selain itu gadget juga berdampak dalam kehidupan sehari-hari para konsumennya. Bida dilihat jika kita berjalan-jalan di pusat perbelanjaan dan tempat makan, lihat saja disekeliling kita. Terdapat banyak sekali hal menarik yang akan kita temukan, terutama mereka yang sedang sibuk dengan gadget masing-masing. Sering sekali Anda melihat bahwa, ada dua orang yang duduk di satu meja tapi mereka sibuk dengan gadget mereka masing-masing sementara makan siang mereka di meja disentuhpun tidak.  Berbicara mengenai gadget bisa bermacam-macam tentu saja, apalagi di era penuh dengan kemajuan teknologi sekarang ini. Kembali ke orang sekeliling Anda, beberapa dari mereka mungkin sedang tersenyum-senyum sendiri membaca BBM via BlackBerry Smartphone mereka, atau ada yang sedang tertawa-tawa berbicara lewat cellular phone mereka, ada pula yang sedang seru sendiri bermain game lewat Sony PSP mereka atau ada juga yang sedang serius menatap layar memantau pergerakan index saham lewat iPad mereka. Hal tersebut sudah menjadi pemandangan normal, ketika orang-orang tak lagi takut sendirian selama mereka punya gadget favorite yang selalu menemani mereka. Melihat tingkah laku orang tersebut tidak hanya kita saja yang tertarik tapi juga berbagai macam jenis perusahaan elektronik terkemuka yang tidak henti-hentinya melakukan riset pasar dan melakukan berbagai macam inovasi di bidang komunikasi ini, terutama inovasi gadget karena banyak sekali orang, terutama orang-orang yang tinggal di kota besar dan kesibukan yang luar biasa lebih memerlukan satu paket gadget yang praktis dimana mereka bisa berhubungan dengan siapapun yang mereka inginkan, sampai-sampai menjalankan bisnis mereka hanya lewat gadget kecil di tangan mereka.
            Satu yang pasti, selalu ada inovasi yang dilakukan agar sesuai dengan gaya hidup teknologi masa kini tapi sebagai manusia kita tidak boleh lupa bahwa manusia adalah makhluk sosial. Walaupun banyak sekali jenis social networking yang bisa kita nikmati lewat gadget kita tapi tetap saja jangan lupakan kodrat kita sebagai makhluk sosial yang harus saling berinteraksi dengan sesama. Mari lebih bijaksana dalam menyikapi kemajuan jaman dan teknologi yang ada.

No comments:

Post a Comment