Pages

Saturday, October 20, 2012

Bridging Course #09



            BISNIS LEWAT ONLINE SHOP

            Berdasarkan survey Internet World Stats yang merupakan sebuah situs internasional yang menampilkan up to date dunia Penggunaan internet, Statistik Penduduk, Statistik Perjalanan dan Data Pasar Internet Research, selama lebih dari 233 negara dan wilayah di dunia memperlihatkan Indonesia menduduki posisi ke empat se-Asia setelah China, India dan Jepang. Dari survey pada tanggal 31 Desember 2011 tersebut dinyatakan bahwa dari sekitar 245juta penduduk di Indonesia, pengguna internet sebesar 55juta. Kemajuan yang bisa dibilang cukup pesat selama 10 tahun terakhir. Pada tahun 2000, pengguna internet di Indonesia hanya 2 juta pengguna, dalam waktu 10 tahun meningkat menjadi 50 juta pengguna di tahun 2011.
            Jumlah pengakses internet sebanyak itu bisa dijadikan alasan utama mengapa sekarang ini makin banyak tumbuh online shop. Para pebisnis yang peka dengan keadaan masyarakan Indonesia tidak ingin menyiayiakan peluang yang besar itu. Mereka berlomba-lomba mengadu untung lewat online shop, baik secara perorangan ataupun kelompok.
            Kepraktisan berbelanja di online shop juga membuat semakin banyak orang memilih berbelanja lewat cara ini. Kita bisa berbelanja apapun di online shop, mulai dari baju, sepatu, alat elektronik, rumah, tanah hingga menjual jasa. Barang yang dijual pun macam-macam mulai dari barang baru hingga barang bekas dengan kualitas yang berbeda-beda.  Adanya online shop ini semakin mempermudah para konsumen untuk berbelanja, khususnya bagi para konsumen yang tidak punya banyak waktu untuk datang langsung ke tempat penjualnya. Online shop sering dijadikan alternatif bagi orang-orang yang malas keluar rumah dan terlalu sibuk dengan pekerjaannya untuk membeli barang-barang kebutuhannya.
            Kelebihan berjualan di online  shop dari segi modal adalah tidak harus mempunyai modal yang besar untuk dapat memiliki sebuah online shop. Tidak perlu membeli toko/kios serta menyewa gudang yang harus membayar biaya sewa perbulan, cukup dilakukan melalui situs-situs jejaring sosial seperti Facebook ataupun Twitter. Jika melalui web seperti blogspot.com hanya membayar 1 kali biaya pembuatan webnya saja, tidak ada biaya tahunan seperti sewa domain dan hosting.  Selain itu berjualan lewat online shop tak perlu mempersiapkan stock barang yang sedemikian banyak seperti pada offline shop sehingga modal yang dibutuhkan bisa diminimalisasi. Jika kita mampu menjalankan bisnis online shop sendirian, kita tidak perlu menyewa jasa orang lain untuk membantu kita menghandle bisnis ini, kita tidak perlu biaya untuk menggaji karyawan. Modal yang penting adalah kepercayaan dari konsumen dan bagaimana layanan kita terhadap konsumen. Jujur adalah kunci berbisnis dijalur online shop.
            Berjualan di online shop itu relatif mudah. Kita hanya perlu memperlihatkan foto produk kita serta memberikan spesifikasi terhadap barang tersebut. Kemudian tinggal tunggu respon dari customer untuk pemesanan. Namanya juga online shop, jadi produk kita bisa dilihat 24 jam non-stop oleh siapapun, dimanapun, serta kapanpun. Untuk pembayaran sendiri juga tidak rumit, bisa melalu transfer bank, paypal dan lain sebagainya.
            Berjualan tidak lepas dari promosi. Online shop serta produk kita harus terus dipromosikan. Bisa melalui jeajaring sosial ataupun memasang iklan. Sering-seringlah memberi komentar pada blog orang lain itu juga salah satu cara promosi yang efektif. Pandai-pandailah kita dalam melakukan promosi dan menggunakan peluang yang ada dengan maksimal. Pelayanan kita terhadap calon pembeli juga harus diperhatikan, harus sabar dan ramah dalam menanggapi setiap permintaan pembeli. Jangan sampai terbawa emosi jika menemukan pembeli yang ribet dan banyak maunya, kita harus menyadari bahwa tipe konsumen itu berbeda-beda. Memberikan penjelasan yang rinci terhadap produk yang kita jual sehingga nantinya konsumen tidak merasa kecewa ketika barang yang sudah dipesan sampai ke tangan konsumen.  
Kendala yang harus siap dihadapi pebisnis online shop adalah banyaknya kasus penipuan, sehingga mengakibatkan konsumen enggan untuk berbelanja lewat online shop dan lebih memilih ke offline shop karena bisa melihat langsung produk yang ingin dibelinya. Selain itu kita harus mampu bersaing dengan online shop yang lain, karena semakin banyak muncul online shop yang biasanya banyak menawarkan produk serupa. Semua kendala dapat diatasi dengan kerja keras serta pengelolaan si pemilik online shop itu sendiri. Terus semangat untuk bisa menjadi entrepeneur sejati.

Referensi :


           
http://www.internetworldstats.com/asia.htm#id diunduh pada tanggal 20 Oktober 2012 pada pukul 08.44           
           
           

           
           


No comments:

Post a Comment