Pages

Friday, September 21, 2012

Bridging Course #5



       
SOCIAL MEDIA SEBAGAI MEDIA PROMOSI POTENSI DAERAH

            Jaman serba canggih dan ditunjang dengan semakin modernnya media komunikasi dan informasi serta meluasnya jaringan internet. Kita semakin dimanjakan dengan berbagai kemudahan-kemudahan yang diberikan, dan sudah seharusnya dimanfaatkan secara bijaksana. Salah satu cara dengan memanfaatkannya sebagai sarana untuk media publikasi potensi suatu daerah
            Sebagai orang asli Jogja terkadang kita hanya sedikit mengetahui apa saja sebenarnya potensi yang kita miliki. Banyak jugayang tidak tahu semua tempat-tempat wisata yang ada, mungkin hanya tahu sedikit dan itupun tempat-tempat wisata yang bisa dikatakan mainstream. Tempat wisata yang bisa dibilang kurang pamor itu malah sering sekali dikunjungi oleh turis mancanegara. Bahkan sudah punya pengunjung yang rutin berkunjung. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal tersebut dikarenakan mereka mendapatkan banyak informasi melalu internet dalam hal ini social media. Social media memang sangat efektif untuk menyebarkan informasi karena bersifat global, informal, santai dan dua arah, sangat efektif untuk memberikan informasi yang tidak dilirik media mainstream.        
            Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu kota di Indonesia yang mempunyai potensi daerah yang menjanjikan. Mulai dari sektor pendidikan, kebudayaan, pariwisata hingga kuliner. Hal-hal tersebutlah yang membuat para turis lokal maupun mancanegara berbondong-bondong ingin mengunjungi kota Jogja ini. Pembangunan pada sektor-sektor tersebut masih terus dikembangkan supaya nantinya Kota Jogjakarta ini bisa semakin eksis di kancah nasional maupun internasional.
            Yogyakarta dikenal pula sebagai Kota Pendidikan. Mereka datang dari berbagai wilayah ke Jogja hanya untuk menimba ilmu disini. Kedatangan para pendatang tersebut juga membawa keuntungan untuk warga asli Jogja. Mereka memanfaatkan kondisi serta potensi yang ada seperti menyewakan kamar kos, membuka warung internet, tempat makan, jasa cuci baju dan lain sebagainya. Selain dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Jogja, para pendatang juga merasa diuntungkan karena apa yang mereka butuhkan sudah banyak tersedia selama mereka berada jauh dari tempat tinggal mereka.
            Potensi yang ada di Jogja juga datang dari sektor seni dan kebudayaan. Banyak sekali situs budaya yang ada di Jogja yang menarik perhatian para turis lokal maupun mancanegara. Contohnya seperti batik Jogja yang memiliki kekhasan corak tersendiri dan biasanya menjadi favorit bagi para pelancong untuk dijadikan oleh-oleh atau untuk dikoleksi. Keraton juga dijadikan situs wajib dikunjungi ketika berkunjung di Jogja. Ada juga kerajinan perak di Kota Gede, karena keunikan dan cara membuatnya yang masih konvensional membuat hasil kerajinan perak Kota Gede selalu ada dihati para pelanggannya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia maupun luar negeri. Selain itu ada juga sentra kerajinan gerabah di Kasongan yang produknya sudah mencapai pasaran internasional. Semua potensi-potensi tersebut bisa dijadikan senjata untuk meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan masyarakat Jogja itu sendiri.
            Bidang pariwisata juga menyumbangkan potensi yang masih harus dikembangkan. Salah satunya pariwisata yang berbasis keindahan alam yang sangat banyak tersebar di Jogja. Banyak pantai-pantai karst di daerah Gunung Kidul yang sangat indah, yang sekarang ini sedang laris dikunjungi para wisatawan, oleh karena itu perlu dikembangkan segala fasilitas, sarana dan prasarana supaya semakin menarik para pengunjung.Wisata keindahan alam yang sedang tren saat ini adalah wisata lava tour Merapi, sehingga bisa dijadikan obyek wisata andalan baru. Selain itu desa wisata yang ada di Jogja ini juga sangat berpotensi, banyak wisatawan yang mengunjungi desa wisata ini untuk belajar langsung kebudayaan masyarakat setempat. Bervariasinya potensi pariwisata yang ada di Jogja ini bisa dijadikan motivasi bagi pemerintah serta masyarakat untuk terus melestarikan kebudayaan serta mengembangkan potensi-potensi yang sudah ada.
            Tak lengkap jika ke Jogja tidak mencicipi kuliner khasnya. Gudeg adalah salah satu menu andalan khas kota Jogja bahkan hingga dijuluki sebagai Kota Gudeg. Tak hanya Gudeg, banyak sekali kuliner-kuliner yang ada di Jogja yang sangat berpotensi  untuk dijadikan salah satu daya tarik wisatawan untuk datang ke Jogja. Mulai tumbuh juga rumah makan ataupun restoran yang menyajikan menu khas Jogja dengan nuansa etnik kental dengan budaya Jogja.
            Melalui social media potensi di Jogja seperti keindahan alam, kuliner dan keunikan lainnya dapat tersebar dengan jangkauan yang lebih luas. Selain itu jika kita berbagi informasi melalui social media disana kita juga akan mendapatkan dan memberi komentar serta dapat juga kita saling bertanya sehingga makin mendapatkan banyak informasi tembahan. potensi publikasi suatu daerah melalui social media yang menarik minat wisatawan akan membawa manfaat untuk masyarakat lokal berupa income tambahan seperti penjualan makanan, penginapan, profesi baru seperti guide, kursus bahasa dan bahkan memperluas wawasan internasional.
            Betapa kuatnya peran social media dalam mempublikasikan potensi suatu daerah pariwisata maka langkah selanjutnya adalah kita harus berhati-hati dalam menentukan social media mana yang akan kita gunakan dan menyusun dengan baik konten apa yang akan kita unggah. Ada banyak fitur-fitur yang disediakan pada social media, kita bisa mempertimbangkan fitur mana yang tepat untuk membantu kegiatan promosi kita.

Referensi :

No comments:

Post a Comment