Pages

Thursday, September 6, 2012

Bridging Course #02

Djarum Super My Great Adventure Indonesia

                Indonesia  merupakan negara kepulauan terbesar di Indonesia. Keindahan alam yang dimiliki Indonesia sangatlah beragam. Masih sangat banyak keindahan alam yang ada di Indonesia yang belum terjamah sama sekali dan dimanfaatkan secara optimal. Keindahan alam yang dimiliki Indonesia tentulah sangat memberikan banyak manfaat serta keuntungan, sudah seharusnya pemerintah memperhatikan hal ini dan mulai menggarap objek manakah yang sekiranya berprospek cerah untuk memajukan pariwisata Indonesia.
                Salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia ternyata memperhatikan peluang-peluang untuk memasarkan produk mereka. Keindahan alam yang dimiliki Indonesia tersebut dijadikannya bahan untuk membuat iklan yang dikemas dengan menarik. Mereka memilih beberapa tempat indah di Indonesia untuk dijadikan objek untuk iklan mereka. Tempat-tempat yang mereka pilih adalah beberapa dari tempat-tempat indah yang tersebar diseluruh Indonesia.
                 Iklan Djarum Super My Great Adventure Indonesia ini merupakan lanjutan dari iklan sebelumnya. Dengan mengusung tag line “My life, my adventure”. Pada iklan kali ini mereka menceritakan tentang perjalanan tiga orang pria yang mengunjungi tempat-tempat dengan pemandangan super indah yang ada di Indonesia. Bahkan ada tempat-tempat yang belum banyak diketahui oleh khalayak umum. Pada iklan ini memperlihatkan bahwa Indonesia itu kaya akan keindahan alam, kenapa tidak kita manfaatkan sepenuhnya. Masih banyak tempat yang perlu dikembangkan. Seperti publikasi melalui media elektronik lewat iklan seperti ini.
                Materi iklan ini dimulai dari perjalanan tiga pria di Goa Jombang, Jogjakarta. Disana diperlihatkan serunya rock climbing di goa tersebut. Menariknya di dalam goa ada seorang pria sedang bermain skateboard juga. Kemudian mereka canoing dan tiba-tiba mereka sampai di Teluk Meranti, Riau. Mereka juga berselancar di sungai Kampar, Riau. Melihat keindahan bawah laut di daerah Maratua, Kalimantan Timur juga tersaji dalam iklan ini. Kemudian mereka melanjutkan perjalanan dan berkunjung di air terjun Lapupu dan ke padang rumput Laliang di daerah Sumba Barat. Kemudian mereka juga berselancar di Cimaha, Jawa Barat.
                Iklan ini membuat para penontonnya sadar bahwa Indonesia juga punya tempat-tempat yang indah. Tidak harus pergi keluar negeri untuk mencari tempat dengan pemandangan yang luar biasa indah. Pemandangan alam seperti keindahan laut di Maratua tidak kalah dengan pemandangan laut di luar negeri seperti di Phuket, Thailand. Kita harus bangga dengan keindahan alam yang bangsa Indonesia miliki saat ini dan kita harus mengembangkannya supaya dapat berkembang menjadi destinasi perjalanan turis domestik ataupun mancanegara.
                Selain itu, Indonesia  butuh iklan-iklan yang berbobot. Tidak hanya sekedar iklan saja, namun harus didukung dengan prinsip edukasi.  Iklan memang dituntut untuk menarik peminat penonton untuk membeli atau menggunakan produk yang ditawarkan. Jangan hanya mengumbar janji belaka saat beriklan, haruslah ada bukti nyata supaya nantinya tidak ada konsumen yang dirugikan.
                Terdapat berbagai macam iklan. Ada iklan komersil ada juga iklan layanan masyarakat. Semuanya sama-sama mengajak penontonnya untuk setuju dengan apa yang ditawarkan di iklan dan bertujuan supaya penonton mengikuti apa yang disampaikan. Bukan perkara mudah untuk menyita dan membuat penonton menantikan iklan yang kita buat. Kreativitas  untuk membuat iklan-iklan yang cerdas memang sangatlah penting.
                Iklan merupakan suatu tulisan atau gambar yang berisyarat ingin menjual suatu produk barang atau jasa agar orang atau custumer yang melihat iklan tersebut tertarik untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut. Untuk itu iklan dibuat semenarik mungkin, sekreatif mungkin agar orang yang melihat iklan tersebut tertarik untuk mencobanya atau membelinya.
                Iklan Djarum Super ini tergolong iklan dengan biaya yang sangat besar. Itu semua tergantung kemampuan finansial masing-masing peruasahaan. Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat iklan dengan biaya yang banyak. Beriklan di televisi itu perdetiknya sudah sangat mahal. Cukup dengan iklan yang menarik, cerdas, kreatif, dan inovatif sudah menjadi senjata ampuh untuk mengiklankan suatu barang ataupun jasa.
                Salah satu yang harus diperhatikan saat membuat iklan ialah memperhatikan kode etik. Jangan sampai iklan yang dibuat mengejek iklan produk atau jasa lain, apalagi mengandung unsur sara. Di Indonesia masih banyak iklan yang sangat jelas sekali mengejek atau menyindir iklan produk atau jasa lain. Iklan yang dibuat juga bukan hasil plagiat iklan yang sudah ada, diusahakan untuk tampil menarik dan inovatif.
                Iklan Djarum Super ini menginspirasi kita untuk  membuka mata dan hati bahwa Indonesia itu sangat kaya dengan keindahan alam serta budayanya. Pemerintah bisa bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar untuk mempromosikan Indonesia lewat iklan-iklan yang mereka buat. Apalagi jika produk barang atau jasa yang akan mereka sudah mencapai pasar internasional seperti rokok Djarum Super ini. Dengan durasi iklan yang lebih lama daripada iklan-iklan lain, iklan ini termasuk salah satu iklan yang ditunggu-tunggu dan menarik untuk dilihat.
                     



No comments:

Post a Comment