Pages

Monday, May 25, 2015

Supaya Selalu Sehat

Saya baru tau ternyata ada hal lain selain radioaktif, senjata nuklir ataupun reaktor atom saja yang dapat menyebabkan terjadinya mutasi gen. Sikap kita menghadapi suatu hal ternyata juga akan mempengaruhi struktur genetis kita. Jadi, ketika kita sering galau, marah, stress dan hal-hal negatif yang lain secara tidak sadar akan menyebabkan terjadinya mutasi gen, dengan kata lain kita akan mewariskan sifat dan sikap negatif itu kepada anak-anak kita kelak. Begitu sekiranya yang dikatakan teman kkn saya bernama Louis, seorang mahasiswa Psikologi ketika kami sedang membahas program kluster soshum yang malah melenceng membahas mengenai fenomena anak cinta yang sering galau di media sosial (tak terkecuali saya yang pernah juga melakukannya. Yeuuuh.)

Fenomena lagi rapat, nugas , pun diskusi kelompok yang diselingi pembicaraan yang sangat melenceng dari topik utama memang sudah sering terjadi. Begitupun dengan kami yang lemah akan distraksi-distraksi yang mengganggu fokus rapat kkn malam ini

Diskusi kami berlanjut hingga berbagai penyakit kejiwaan yang banyak menimpa kaum remaja. Kami mengamini bahwa kesehatan jiwa seseorang akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan jasmani. Bahkan, tumbuhnya sel kanker juga dipicu oleh kondisi kejiwaan yang tidak stabil. Saya jadi inget pernah menyimak sebuah kajian yang mengkaitkan setiap jenis penyakit yang diderita manusia pasti ada penyebab dari sisi psikologis, misalnya sakit jantung disebabkan oleh sifat pendendam yang dimiliki. Entah itu benar atau tidak, namun sepertinya tidak ada salahnya jika kita membiasakan diri untuk selalu berpikir positif. 

Sekian hasil rapat proker soshum malam ini. Semoga berguna bagi kesehatan jiwa kita semua.



#31HariMenulis #6 

1 comment:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Yup, Mensana in corpore sano, di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jadi sangat penting kesehatan jiwa kita. :)
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    ReplyDelete